Cara Menulis Cerpen Anak Yang Fantastis

Beberapa langkah Cara Menulis Cerpen Anak Yang Fantastis

Sebenarnya Cara Menulis Cerpen Anak Yang Fantastis itu bisa kita lakukan dengan mengingat masa kecil kita. Bayangkan bagaimana kebahagiaan anda di masa kecil. Dari situ maka bisa timbul ide-ide untuk menulis cerpen anak. Cara Menulis Cerpen Anak membutuhkan imajinasi yang kuat dan kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang anak-anak. Anda mungkin perlu menulis Cerpen anak untuk keperluan kelas atau untuk cerpen pribadi. Untuk menulisnya, mulailah dengan melakukan curah pendapat mengenai topik yang dirasa menarik bagi anak-anak. Setelah itu, tulislah cerpen dengan bagian pembuka yang memukau, gunakan alur yang kuat, dan cantumkan moral cerita. Pastikan Anda juga menyempurnakan cerpen setelah selesai menulis draf agar cerpen tersebut dapat menarik para pembaca muda. Ada beberapa Proses Menulis Cerpen Anak sebagai berikut

Baca Juga ( Cara Menulis Cerpen Tentang Kehidupan Pribadi )

-Tulislah Pembuka Cerita Atau Permulaan Cerpen
Buatlah alur Cerpen Anak dalam enam bagian, dimulai dari eksposisi atau bagian perkenalan. Pada bagian ini, Anda memperkenalkan latar, karakter utama, dan konflik. Mulailah dengan menampilkan nama karakter dan menjelaskan tempat atau lokasi tertentu. Setelah itu, Anda bisa membuat garis besar keinginan atau tujuan karakter, serta rintangan atau masalah yang harus ia hadapi. Misalnya ; Pada suatu hari ada seorang anak bernama lisa sedang menggembala kambing, pada saat itu lisa bertemu dengan seekor ular raksasa. 

-Kelompok usia yang menjadi target pembaca
Karena yang saya bahas adalah cerpen anak. maka yang menjadi target pembaca Cerpen adalah anak-anak dengan kelompok usia 2-4, 4-7, atau 8-10 tahun. Penggunaan bahasa, nada/suasana, dan gaya cerita akan berubah berdasarkan kelompok usia yang menjadi target pembaca cerpen anda. misalnya:   jika Anda menulis cerpen untuk kelompok anak berusia 2-4 atau 4-7 tahun, Anda perlu menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan kalimat yang sangat pendek.Jika Anda menulis cerpen untuk kelompok anak usia 8-10 tahun, gunakan bahasa yang sedikit lebih kompleks dan kalimat yang lebih panjang dari empat atau lima kata.

-Mengingat kenangan masa kecil sebagai inspirasi cerpen
Pikirkan tentang kenangan masa kecil yang mengasyikkan, aneh, atau menakjubkan. Gunakan kenangan tersebut sebagai dasar cerita anak yang ingin ditulis.

-Pilih satu objek biasa dan buatlah objek tersebut menjadi hal yang fantastis
Pilihlah aktivitas atau kejadian sehari-hari dan tambahkan unsur-unsur unik pada aktivitas atau kejadian tersebut. Jadikan satu objek sebagai hal fantastis dengan memasukkan elemen aneh atau magis ke dalam Cerpen. Gunakan imajinasi Anda untuk mencoba melihat hal tersebut dari sudut pandang anak-anak. Misalnya: anda memanfaatkan pengalaman pertama berkunjung ke laut sebagai ide cerita dan membuatnya fantastis dengan menampilkan sosok anak-anak yang menjelajahi lautan dalam.

-Pilihlah ide cerita atau tema Cerpen Anak
Adanya tema utama pada cerita membantu Anda mendapatkan ide. Fokuslah kepada tema seperti cinta, kehilangan, identitas, atau persahabatan dari sudut pandang anak-anak. Pikirkan cara pandang anak terhadap tema yang dipilih, kemudian jelajahi tema tersebut lebih jauh. Tak beda jauh dengan artikel ini , tema disini adalah Cara Menulis Cerpen Anak Yang Fantastis.

-Membuat karakter utama yang unik bagi kalangan anak-anak
Terkadang, cerpen anak bergantung kepada karakter utama yang unik dan bisa anak-anak kaitkan dengan dirinya sendiri. Pikirkan tentang jenis karakter yang tidak sering ditampilkan di cerpen anak. Buatlah karakter yang unik menggunakan sifat-sifat anak atau orang dewasa yang menarik dan bisa Anda temukan di dunia nyata.

-Berikan satu sifat yang menonjol pada karkter utama di cerpen anda
 Buatlah karakter utama tampak menonjol bagi pembaca dengan memberikan karakter fisik yang unik, seperti gaya rambut, jenis pakaian, atau gaya berjalan tertentu. Anda juga bisa memberikan kepribadian khusus pada karakter utama, seperti berhati baik, menyukai tantangan, dan cenderung mendapatkan masalah.

-Akhiri Cerpen Anak dengan resolusi
ahap ini berfungsi untuk menutup Cerpen. Resolusi berfungsi untuk memberi tahu pembaca apakah karakter utama berhasil atau gagal mencapai tujuannya. Mungkin karakter utama di Cerpen Anda berhasil mendapatkan apa yang ia inginkan, atau justru berkompromi dengan dirinya sendiri setelah mengalami kegagalan.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita tentang septar Cara Menulis Cerpen Anak. Jangan lupa komentar untuk kritik dan sarannya . kritik dan saran anda sangat membantu bagi saya . sekian terimakasih
07:38

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget