Cara Menulis Cerpen Dari Awal Sampai Selesai

Cara Menulis Cerpen

Selamat datang kembali di coretan pelajar, pada keesempatan kali ini saya akan membahas tuntas tentang seputar Cara Menulis Cerpen Dari Awal Sampai Selesai. Kebetulan Saya sedang mencoba menulis cerpen baru. Namun, sudah lama tidak menulis, dan saya merasa tidak berlatih, seperti saya harus memikirkan bagaimana Cara menulis Cerpen lagi.

Disini saya jelaskan bahwa ada beberapa pola untuk menulis cerpen. pola ini kalasu menurut saya merupakan pola yang paling bagus buat anda yang sedang belajar menulis cerpen . karena pola ini akan mempermudah cara anda menulis cerpen. Pada saat yang sama, saya telah menunjukkan langkah kasar ini kepada diri saya sendiri saat saya mengerjakan ceritaku sendiri. Baiklah langsung saja pada pkok pembahasan .

Baca Juga Cara Menulis Cerpen Anak


Cara Menulis Cerpen Dari Awal Sampai Selesai 

 Sebelum kita mulai Menulis Cerpen, perlu anda tau bahwa ada tiga hal yang perlu dituliskan dalam cerita pendek atau Cerpen. Jika Anda tidak memilikinya, Anda harus berpikir dua kali sebelum memulai:
- Waktu
Anda membutuhkan waktu sekitar sepuluh sampai dua puluh jam. Kita semua menulis pada langkah yang berbeda, dan bergantung pada panjang cerita Anda (misalnya 200 kata flash fiksi vs. 5.000 kata cerita pendek tradisional) mungkin diperlukan waktu lima jam atau lima puluh. Tapi saya telah menemukan bahwa kebanyakan cerita pendek dalam kisaran 3.000 sampai 5.000 kata membutuhkan waktu sepuluh sampai dua puluh jam.
-Sebuah ide
Tentukan ide anda . ide yang akan anda tulis dalam cerpen tersebut . pastikan anda sudah mempunyai ide yang bagus untuh sebuah cerpen yang akan anda tulis.
-Peralatan
Oke , sudah jelas ya kalau menulis cerpen itu membutuhkan peralatan , persiapkan peralatan anda untuk menulis cerpen atau cerita pendek.

 4 langkah Cara Menulis Cerpen

1. Buatlah Cerita dasar
Mungkin konyol untuk memulai daftar langkah-langkah tentang bagaimana menulis sebuah cerita pendek dengan tip untuk "menulis Cerpen," tapi saya jelaskan.
Sebenarnya ada dua jenis cerita yang berbeda. Ada bentuk seni, "cerita pendek," yang hadir lengkap dengan karakter, plot, deskripsi, dan gaya.
Lalu ada ceritanya, cerita lucu, lucu, gila yang akan Anda ceritakan pada seorang teman saat makan.
Cerita dan cerpennya tidak sama. Yang pertama hanyalah sebuah cerita, kami selalu menceritakannya kepada mereka. Yang terakhir adalah seni.
Langkah pertama untuk menulis sebuah Cerpen adalah dengan menulis yang pertama, ceritanya, versi cerita yang akan Anda ceritakan pada seorang teman. Dan saat Anda menulisnya, pastikan menuliskannya dalam satu posisi. Ceritakan saja Jangan terlalu memikirkannya, jangan berhenti melakukan penelitian lagi, jangan istirahat. Tulis saja tulisannya.

2. Temukan Protagonis atau tokoh utama Anda
Setelah Anda menulis cerita dasar, mundur selangkah. Anda mungkin merasa sangat bangga dengan cerita Anda atau justru anda benar-benar malu. Abaikan perasaan ini, karena tidak ada kaitannya dengan seberapa bagus atau buruknya kisah Anda sebenarnya atau, yang lebih penting, seberapa bagusnya. Langkah selanjutnya adalah membaca cerpenmu untuk menemukan protagonisnya.
Sekarang, Anda mungkin mengira Anda sudah tahu siapa tokoh utama Anda, tapi tergantung dari cerita Anda, ini sebenarnya bisa lebih sulit daripada yang Anda pikirkan.
Tokoh utama Anda belum tentu narator, juga bukan dia yang "orang baik" dalam cerita. Sebaliknya, tokoh utama adalah orang yang membuat keputusan yang mendorong cerita ke depan.
Tokoh utama Anda memusatkan cerita, mendorong plot, dan takdirnya memberi cerita maknanya. Saat Anda melangkah maju dalam proses penulisan, penting untuk memilih protagonis yang tepat.

3. Menulis baris pertama yang sempurna pada Cerpen
Baris pertama yang hebat memiliki kekuatan untuk menarik perhatian pembaca Anda sehingga tidak terpikirkan untuk membuat cerita Anda turun. Jika Anda ingin membuat pembaca Anda tertarik pada Cerpen anda, itu harus dimulai dengan menulis baris pertama yang sempurna.

4. Adegan dalam Cerpen
Setiap cerita terdiri dari serangkaian adegan yang berlangsung di tempat dan waktu tertentu. Daftar adegan melacak adegan Anda, membantu Anda mengatur Cerpen Anda dan menambahkan detail dan kehidupan di setiap langkah.

Daftar adegan melakukan dua hal utama:

   - Berikan struktur pada cerita Anda
    -Tunjukkan bagian mana yang membutuhkan lebih banyak pekerjaan

Anda tidak harus mengikuti daftar adegan ini dengan tepat, tapi mereka dua hal ini bisa membantu Anda dalam Menulis Cerpen Anda.

OK. Kalau semuanya sudah anda terapkan , dan cerpen anda sudah jadi , saatnya anda menerbitkan cerpen anda yang sudah siap untuk anda terbitkan . saya rasa sampai disini saja penjelasan kali ini mengenai Cara Menulis Cerpen Dari Awal Sampai Selesai. semoga bermanfaat.

07:56

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget