Cara Menulis Cerpen Tentang Kehidupan Pribadi

     Di kelas (kelas IX), kalian akan bertemu materi ini nanti. Tapi, eit... jangan ngacir dulu. Menulis cerpen Kehidupan Itu mengasyikkan. Sebagai penulisnya, kamu bisa menjadi tokoh dalam cerpenmu itu. Kamu bisa jadi siapa saja yang kamu mau. Misalnya, jadi seorang tokoh yang tergabung dalam sebuah boyband atau girlband layaknya Sm*sh ataupun Cherrybelle, lalu terjadi satu peristiwa yang terserah kamu mau buat seperti apa. Mengasyikkan bukan?
   Saya juga punya lumayan banyak cerpen yang saya buat waktu masih jadi pelajar dulu. Sempat diketik dan dijadikan buku lalu difotokopi (diperbanyak) oleh teman-teman saya waktu di bangku SMA dulu. Nanti akan saya kutipkan satu atau beberapa di antaranya. Oleh karena itu, simaklah dahulu penjelasan ini.......
   Cerpen (cerita pendek) adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Cerpen merupakan penggalan peristiwa hidup seseorang baik yang mengharukan, meyedihkan, menggembirakan, maupun pertikaian, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan. Jalan cerita sebuah cerpen memang pendek. Akan tetapi, bukan berarti bahwa semua cerita pendek itu dinamakan cerpen. Misalnya fabel, dongeng, anekdot, dan cerita-cerita rakyat merupakan contoh cerita pendek, tetapi tidak bisa disebut cerpen.

   Dalam menulis cerpen hendaknya diperhatikan alur, tokoh, latar, dan tema. Alur dalam cerpen tidak terlalu rumit dan mengandung arti sebagai rentetan cerita yang didasari sebab- akibat. Tokohnya yang dimunculkan hanya beberapa orang saja. Latar (tempat dan waktu) dilukiskan terbatas dan hanya sebentar. Temanya hanya mengungkap hal yang sederhana.

Baca Juga ( Cara Menulis Cerpen Anak )

Ciri-ciri Cerpen
Ceritanya fiktif/ rekaan. Walaupun begitu, isi ceritanya logis dengan kehidupan sebenarnya. Tema cerita berfokus pada satu aspek cerita, yang menimbulkan efek dan kesan tunggal. Mengungkapkan masalah yang terbatas pada hal-hal yang penting saja. Menyajikan peristiwa yang cermat dan jelas.

Cara Menulis:

  1. Mengingat Kejadian Paling Berkesan
  2. Tetapkan Tujuan Cerita
  3. Memilih Tema Cerita
  4. Tentukan Tokoh Dalam Cerita
  5. Karakter Tokoh Di Dalam Cerita
  6. Menentukan Alur Dan Konflik
  7. Susunlah Kerangka Cerita Dengan Memperhatikan Kronologis Waktu Dan Peristiwa
Penjelasan:

> Mengingat Kejadian Pling Berkesan. jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengingat kejadian yang pernah kamu alami. Dan pastinya kejadian yang harus kamu ingat adalah kejadian yang akan kamu tuliskan dalam sebuah Cerpen tersebut.

>Tetapkan tujuan Cerita. Maksut Tujuan cerita adalah, kamu menulis cerpen untuk apa? tentunya untuk dibaca kan? maka dari itu buatlah cerpen kamu semenarik mungkin supaya pembaca bisa terkesan saat membaca.

>Memilih Tema cerita. Memilih tema maksutnya adalah memilih yang akan kamu tulis itu tentang apa , misalnya tentang perCintaan, Persahabtan, atau kesedihan dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang ada di pikiran kamu, tentunya yang pernah kamu alami, karena kamu akan menulis Cerpen Tentang Kehdupan Pribadi kamu.

>Tentukan tokoh dalam cerita. Karena kamu akan menulis Cerpen Tentang Kehidupan Pribadi jadi tokoh utamanya adalah kamu sendiri. Dan tentukan ada berapa tokoh yang akan kamu tuliskan dalam cerita. misalnya cerpen kamu tentang pacar kamu yang selingkuh. berarti tokohnya bisa saja tiga, kamu, pacar kamu, selingkuhannya, tapi ini hanya contoh kecil saja.

>Karakter Tokoh dalam Cerita. karena yang kita bahas adalah Cerpen Tentang Kehidupan Pribadi maka karakter tokoh utama adalah karakter kamu. Misalnya karakter kamu itu adalah orang yang baik, cengeng mudah menangis misalnya. Pastinya kamu harus menyesuaikan karakter kamu dengan tema cerita pribadi kamu.

>Menentukan Alur dan konflik. Ini adalah isi dari cerita kamu, jadi tentukan alur cerita kamu seperti apa dan konflik dalam serita tersebut seperti apa, sesuaikan dengan cerita pribadi kamu.

>Susunlah Kerangka cerita dengan memperhatikan waktu dan peristiwa. misalnya malam ini kamu menangis dan ke esokan harinya kamu tertawa bahagia. jadi sesuaikan dengan cerita pribadi kamu.

Pada dasarnya Cerpen Tentang Kehidupan Pribadi Adalah menceritakan diri kamu sendiri. menceritakan kejadian yang pernah kamu alami. dan cerita tersebut kamu ceritakan dalam sebuah tulisan.


Berikut contoh cerpen yang pernah saya buat semasa duduk di SMA (24 Oktober 2005). Saat SMA, saya sekolah jauh dari tempat tinggal sehingga harus nge -kost. Berikut kisahnya:

  Kisah Serantang Kolak

Ketika aku tersadar dari mimpi, hari sudah siang. Dengan agak malas, aku bangkit dari pembaringan. Kemudian meninggalkan kamar setelah membereskan peraduan dan mengambil handuk. Suasana kost pagi ini amat lengang. Lumrah kok . Hari minggu begini, biasanya anak-anak masih pada ngorok di ranjangnya. Maklum, semalam begadang, nonton parabola di rumah sebelah. Gitulah keadaan anak kost. Kadang-kadang memang kompak. Minggu pagi kemarin, kami kompak lari pagi rame-rame. Yah, sekadar refreshing gitulah selain raga menjadi bugar. Apalagi tujuan kami adalah pantai. Wah, senang deh hati ini. Di pantai kita bisa mandi sepuasnya. Atau, kalau ada sobat yang bawa kamera, wow peristiwa itu bisa diabadikan. Apalagi ada doi di samping, wah wah wah, lupa dong ama ulangan udah dekat. Tapi, pagi ini anak-anak tidak ada yang morning run . Kali ini memang nggak kompak. Ada teman yang ngajak, namun berhubung banyak yang lagi kena penyakit ogah , ya terpaksa nggak ada yang running to the beach.
21:15
Label:

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget