Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Contoh Dan cara menulis surat lamaran kerja. cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Cara Menulis Surat Lamaran KerjaKetika Anda sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu anda buat ketika melamar kerja adalah menulis surat lamaran kerja. Menulis Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah Anda diterima kerja pada tempat yang Anda lamar atau tidak. Anda tentu harus mempromosikan diri Anda dengan baik dan benar sesuai dengan diri Anda.
Anda tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang Anda inginkan semakin besar. Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki perusahaan yang Anda inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat.

Berikut Cara menulis surat lamaran kerja supaya peluang Anda diterima semakin besar.

  • Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.
  • Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  • Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  •  Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
  • Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  •  Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.
  • Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan Anda dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.


Setelah Anda mengetahui tips-tips cara menulis surat lamaran kerja agar peluang diterima lebih besar, simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini.

Cara menulis surat lamaran kerja

Umumnya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan

 Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja :


1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat

4. Kata pengantar / pembukaan 

Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib Anda cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.
Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

5. Biodata pribadi

Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)

Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

6. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

7. Penutup

Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan “Terima kasih”.

8. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah :

   ~ Pas foto (foto terbaru)

   ~ Fotokopi KTP

   ~ Daftar riwayat hidup

   ~ Fotokopi ijazah terakhir

   ~ Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

   ~ Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

Setelah Anda mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan, Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja


Demikian artikel tentang Cara menulis Surat Lamaran Kerja. semoga bermanfaat..
04:53
Label:

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget