Beberapa Faktor Penyebab Kiriman Barang Telat Sampai Di Tujuan

Di artikel ini di jelaskan tentang penyebab keterlambatan pengiriman barang atau paket. juga akan di jelaskan solusi agar pengiriman cepat dan tepat sampai di tujuan

Terkadang kita selalu menyalahkan jasa ekspedisi jika barang yang kita kirim terlambat sampainya di tujuan. Memang untuk cepat atau lambat barang kiriman adalah tergantung pada ekspedisi yang digunakan. Akan tetapi semua ekspedisi pasti selalu berusaha memberikan layanan terbaik untuk para pelanggannya. Dan jika ada keterlambatan itu saya rasa tidak sepenuhnya kesalahan dari pihak ekspedisinya. Jadi disini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya tentang beberapa faktor yang menyebabkan barang terlambat sampai di tangan penerima.

Keterlambatan Pengiriman Barang

Saya pernah mendapat curhatan dari seorang teman, Bahwa dia melakukan pengiriman di saat menjelang lebaran. Barang yang dikirimkan akan di gunakan untuk acara lebaran idul fitri, tetapi saat barang tersebut sudah hampir tiba waktunya digunakan, justru barang kirimannya belum sampai di tujuan. Sudah sering di tanyakan ke pihak ekspedisi yang di gunakan tetapi belum juga mendapatkan kepastian. Dan akhirnya teman saya pasrah entah sampai kapan kirimannya akan di terima.
[ads-post]
Disini saya akan menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan keterlambatan kiriman dan juga akan saya berikan tips untuk menghindari kiriman lambat sampai, Entah jasa ekspedisi yang di gunakan itu Tiki, JNE, J&T, WAHANA, MEX, ATP cargo, POS atau yang lainnya faktor penyebabnya pasti tidaklah jauh berbeda. Berikut penjelasannya:

Penyebab Kiriman Barang Telat Atau Tidak Sampai

  1. Kiriman Barang Overload
    Jika terjadi overload maka sudah pasti kiriman akan telat. Biasanya oveload karena terjadi penumpukan barang atau saking banyaknya barang di gudang cargo bandara. Sehingga barang tidak bisa berangkat sesuai dengan waktu penerbangan yang sudah di booking oleh pihak ekspedisi. Jika Overload barang akan bertahan di gudang cargo bandara bisa memakan waktu 3-4 hari bahkan lebih tergantung banyaknya penumpukan barang di gudang.
  2. Peak Season
    Peak season ini biasanya terjadi di hari-hari tertentu, dan sering terjadi pada saat bulan puasa atau menjelang lebaran idul fitri dan hari-hari besar lainnya. Jadi masalah yang di alami oleh teman saya yang saya ceritakan di atas tadi adalah karena terjadi peak season.
  3. Alamat Tidak Jelas Sehingga Barang Tidak Sampai
    Hal ini sering terjadi di saat pengirim tidak menuliskan alamat tujuan dengan jelas. Misalnya hanya di tuliskan nama dan kota saja. Hal ini akan mengakibatkan barang tidak sampai dan membingungkan pihak ekspedisi. Biasanya kalau pihak ekspedisi menemukan alamat tidak jelas barang kiriman tersebut tidak di bawa oleh kurir dan tetap di gudang cabang terdekat kota tujuan.
  4. Salah Penulisan Data Penerima
    Salah dalam menulis nama penerima juga bisa mengakibatkan barang atau paket terlambat. Apalagi jika nomor telpon penerima tidak bisa di hubungi. Hal ini akan membuat bingung pihak ekspedisi di bagian pengantaran.
  5. Terjadi Salah Kirim Pada Paket Atau Barang Kiriman
    Yang menyebabkan barang salah kirim bisa terjadi karena kesalahan dari pihak ekspedisi atau bisa juga dari pengirim. Jika dari ekspedisi contohnya adalah kesalahan dari petugas yang menempelkan lebel cargo atau bisa juga kesalahan kurir yang mengantar salah rumah atau salah alamat. Bisa juga kesalahan pengirim dalam menulis alamat salah sehingga barang diantar ke alamat yang salah sesuai alamat yang di tuliskan oleh pengirim.
  6. Akses Ke tempat Tujuan Tertutup Atau Terhambat
    Misalnya terjadi cuaca buruk dan sampai penerbangan akan di tunda sehingga barang terpending di cargo bandara. Atau ada terjadi bencana alam sehingga akses jalan ke tempat tujuan tertutup. Hal ini juga bisa mengakibatkan keterlambatan barang atau paket anda.
  7. Alamat atau Rumah Penerima Sedang tidak Ada Orang
    Hal lain yang dapat membuat kiriman kita tidak sampai adalah tidak adanya orang di alamat rumah atau kantor tempat tujuan pengiriman paket. Ketika kurir dari jasa pengiriman barang sudah mengirim ke tempat tujuan tapi ternyata tidak ada orang yang bisa menerima barang tersebut biasanya ada beberapa hal yang terjadi. Paket bisa saja kemudian dititipkan oleh kurir ke tetangga, dititipkan ke ketua RT, atau bahkan dibawa lagi ke kantor oleh kurir.
  8. Barang Atau Paket Hilang
    Ketika jasa pengiriman atau ekspedisi kehilangan barang yang kita kirim. Jika hal ini terjadi pihak ekspedisi biasanya akan melakukan ganti rugi terhadap kehilangan barang miik kita. Selain itu beberapa Ekspedisi menyediakan layanan asuransi barang, sehingga jika barang hilang kita bisa mendapatkan ganti rugi.
  9. Barang Atau Paket Rusak
    Jika pun alamat yang kita tuliskan sudah benar dan lengkap, namun ada kalanya jasa pengiriman salah mengirimkan kirman dan tertukar dengan alamat lain. Jika hal ini terjadi biasanya Ekpedisi akan menukar kembali barang yang tertukar dan mengirimkannya ke alamt yang benar, sehingga tentunya akan membuat barang kiriman kita menjadi terlambat sampai.
  10. Terjadi kerusakan Pada Paket Atau barang Kiriman
    Saat barang rusak dalam perjalanan ada kalanya Ekspedisi tidak mengirimkan barang tersebut ke penerima namun kemudian menghubungi pengirim barang untuk meberitahu sekaligus biasanya menganti biaya kerusakan barang.
  11. Ada Penolakan Barang Di Bandara
    Yang mengakibatkan barang tidak sampai di tujuan juga bisa karena terjadi penolakan barang atau paket karena isi barang masuk dalam kategori barang berbahaya atau membahayakan penerbangan. Misalnya isi kiriman ada yang mengandung batrei atau litium di dalamnya maka barang tersebut akan di tolak dan di kembalikan ke kantor ekspedisi.
  12. Terjadi Perubahan Schedule Dari Pihak Airline
    Hal ini juga kerap terjadi, misalnya barang tujuan kota makassar kemudian oleh pihak Airline di bikin transit penerbangan melalui denpasar. Ini juga akan berakibat barang telat sampai di tujuan.
Dari beberapa faktor penyebab kiriman barang telat sampai di tujuan yang saya tuliskan di atas sebenarnya masih banyak faktor-faktor yang lain yang mengakibatkan barang kiriman terlambat, Setidaknya yang sudah saya tuliskan di atas bisa memberikan pemahaman. 
Selanjutnya di sini saya akan memberikan solusi keterlambatan pengiriman barang.

Tips Supaya Kiriman Barang Tidak Terlambat Dan Cepat Sampai

Setelah mengetahui penyebab kiriman paket telat sekarang kita beralih ke bagaimana supaya kiriman paket tidak telat dan cepat sampai di tujuan. Apalagi di jaman toko dan pasar online ini, semua menggunakan jasa pengiriman, Dan sebagai pengirim harus bisa memberikan layanan yang terbaik terutama untuk kecepatan pengiriman barang atau paket yang di pesan oleh pembelinya. Maka dari itu hal ini sangat penting untuk di ketahui oleh para seller di toko online. Berikut ini cara supaya kiriman paket cepat sampai di tujuan:
  1. Pilih jasa ekspedisi yang sudah terkenal memiliki kredibilitas, elektabilitas dan pelayanan yang baik. Setidaknya ekspedisi yang harus Anda pilih adalah ekspedisi yang sudah memiliki nama baik untuk para pelanggannya. 
  2. Lakukan packaging yang benar-benar rapi, kuat, dan standar penerbangan. Misalnya barang kiriman Anda berupa kaca atau barang yang mudah pecah gunakan kayu atau papan untuk packaging lebih aman, Karena jika packaging tidak rapi bisa mengakibatkan keterlambatan pengiriman.
  3. Pastikan informasi alamat dan kontak tertulis dengan benar, jelas, dan lengkap. Terutama untuk alamat jika di tuliskan lebih lengkap tentu akan memudahkan saat pengantaran. Kontak telepon juga akan sangat membantu jika terjadi kendala disaat pengantaran.
  4. Di saat melakukan pengiriman sebutkan pengakuan isi barang dengan jujur dan benar. Hal ini untuk menghindari terjadinya penolakan baang di cargo bandara, karena tidak semua jenis barang bisa di kirim menggunakan Angkutan Udara / pesawat.
Baca Juga Cara Kirim Barang Melalui Cargo Bandara
Sampai di sini tulisan saya kali ini semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman Anda di media sosial, Terima kasih
09:44

Post a Comment

[facebook]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget